Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulasan Atelier Ryza 3 - Gameplay Lebih Kompleks, Dunia Lebih Masif, Ryza Lebih Oke!

Juaratekno.com - Koei Tecmo bersama Gust memang besar sekali dengan franchise Ryza yang memunculkan hype demikian besar melalui watak iconicnya. Bukan hanya, gameplay dan alur cerita hebat untuk dicicipi. Tidaklah heran bila punya niat untuk jadikan franchise itu sebagai trilogi dan sesaat lagi beberapa gamer bisa mainkan Atelier Ryza 3.

Atelier Ryza 3 janjikan gameplay yang lebih tetap dengan semakin banyak watak, dunia yang bertambah luas, sampai mekanisme bertanding yang lebih kompleks. Apa bisa memberikan kepuasan keinginan beberapa penggemar? Kami memperoleh peluang untuk nyicipin dan ulasan lebih dulu Atelier Ryza 3 lewat artikel berikut. Silahkan baca!


Plot yang BIsa Dimengerti Walau Belum Mainkan Games Awalnya

Alur cerita di seri ke-3 nya ini tersambung dengan 2 seri awalnya, tapi tidak boleh cemas bila ini ialah pertamanya kali Anda mainkan games Ryza. Di halaman khusus games, ada sisi Prologue Movie yang berperan sebagai video yang mengaitkan narasi dari ke-2  games awalnya. Walau kemungkinan tidak seutuhnya menerangkan semua detilnya, minimal Anda akan mempunyai ide ringkasan narasi saat sebelum Ryza 3.

Ryza 3 bercerita mengenai sebuah pulau dan kunci misteri, pulau misteri itu mendadak ada tidak jauh dari Pulau Kurken, desa halaman Ryza. Ini mengundang perhatian Ryza dan beberapa temannya. Dalam pada itu, sebuah suara misteri ada dalam pikiran Ryza, seolah-olah merayunya untuk ke satu tempat.

Disamping itu, saat ia sedang mensintesis suatu hal (seperti alkemis yang membuat suatu hal, dalam games ini prosesnya disebutkan Sintesis) di basisnya, sebuah resep kunci mendadak ada di pikirannya, dan ia membuat suatu kunci tanpa menyengaja. Dengan kunci ini, dan semua peristiwa misteri itu, penjelajahan musim panas ke-3 nya akan selekasnya diawali.

Walau Ryza yang membuat kunci itu, dia sendiri tidak ketahui detil dari kunci itu, hingga dia dan beberapa temannya memilih untuk berpetualang untuk menyingkap mistis kunci dan pulau itu. Ngomong-ngomong, Anda kemungkinan dapat menyaksikan perubahan watak mereka dibanding seri awalnya, khususnya Ryza, dia bukan hanya tumbuh dewasa dalam makna fisik, tapi juga jadi seorang alkemis andal yang dapat menolong beberapa orang di daerah halamannya.

Gameplay yang Sulit Tetapi Dapat Mudah

Harus kami mengakui jika walau sebelumnya pernah mainkan seri Ryza awalnya, mekanisme combat dan mekanisme sintesis yang baru cukup sulit. Tetapi, kami benar-benar menyenangi bagaimana si developer membuat desain gamenya yang memungkinkannya pemain bermain secara sulit, atau ada pula opsi dengan bermain yang lebih gampang.

Ryza 3 sama dengan seri awalnya dengan ide turn-based yang pace yang cepat. Anda akan mempunyai tiga watak khusus di baris depan yang menantang monster, dua watak pada barisan belakang yang bisa ditukar, dan watak cadangan. Pemain bisa ganti dan cuma mengatur satu watak baris depan pada satu waktu, memakai gempuran normal untuk kumpulkan AP, dan memakai AP untuk keluarkan jurus.

Sepanjang pertempuran, dua watak yang lain tidak dikontrol akan bertanding sendiri, dan pemain bisa berpindah di antara model Supportive dan model Aggressive untuk putuskan apa rekanan satu timmu akan memakai AP untuk melepas kemampuan dalam pertempuran, karena AP dipakai bersama untuk semua watak baris depan . Maka, bila Anda ada dalam model Supportive, Anda bisa tentukan pemakaian AP untuk tiap watak, dan dalam model Aggressive, watak baris depan dengan cara otomatis akan memakai AP untuk melepas kemampuan.

Pada proses pertempuran, rekanan satu team yang lain akan minta gempuran fisik atau gempuran sichir (Action Order) bergantung pada watak yang mana dipakai, penuhi keinginan mereka memungkinkan mereka untuk keluarkan kemampuan yang kuat, pemain perlu memakai kemampuan untuk kumpulkan point CC untuk memakai poin seperti bom.

Menuntaskan Action Order akan kumpulkan Order Count, yang memungkinkannya untuk aktifkan Order Drive. Aktifkan Order Drive memungkinkannya watak Anda melepas kemampuan yang kuat , dan ini berlaku untuk watak yang tidak berperan serta dalam pertarungan.

Bagaimana? Cukup sulit? Untuk pemain yang repot, tentu memberikan kepuasan agar bisa capai damage chain yang panjang dan sakit. Ingat-ingatlah untuk lakukan basic attack untuk kumpulkan AP dan melepas kemampuan + menuntaskan Action Order, minimal Anda dapat memperoleh 3-6 gempuran berantai. Dengan kunci yang dipertambah ke pertempuran ini kali, Anda bahkan juga dapat memperoleh dampak yang lain pada damage yang dihasilakan.

Tapi bila Anda betul-betul tidak menyenangi sisi pertempuran yang rumi dan cuma ingin eksploitasi, kumpulkan material, dan memburu visi khusus atau visi sambilan, tidak jadi masalah. Anda bisa jadi menghindar monster di sejauh permainan. Tetapi harus diingat jika monster pada malam hari lebih agresif dibanding siang hari.

Secara singkat, mekanisme pertempuran games ini sulit untuk pemain baru, tapi tidak mewajibkan pemain untuk kuasai mekanisme untuk menang, Anda bisa lakukan pertempuran itu dengan rileks atau serius, bergantung pemain masing-masing, jadi cukup berteman dengan pemula yang memandang games turn-based ini benar-benar sulit.

Mekanisme Sintesis yang Baru

Mekanisme Sintesis seperti proses alkimia yang membuat beragam tipe barang. Sepanjang Ryza pelajari resepnya, dan mempunyai bahan yang diperlukan, ia segera dapat membuat poin itu. Poin yang bisa dibikin memakai mekanisme sintesis meliputi semua faktor pertempuran dan eksploitasi. Misalkan, senjata, equipment, tools untuk gathering, dan lain-lain.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk Mekanisme Sintesis dipisah jadi tipe fundamental dan enchanted. Sepanjang bahan fundamental ada, poin bisa dibikin, dan bahan enchanted bisa tingkatkan nilai kualitas atau dampak poin ke tingkat selanjutnya. Bila material Anda mempunyai kualitas yang semakin tinggi, Anda dapat mentransfer dampaknya ke poin yang ingin Anda untuk buat tingkatkan efektifitas.

Untuk pemain hardcore, ini terang benar-benar melawan dan bermacam. Karena nilai dan dampak material yang lain bisa membuat poin dalam beragam keadaan yang lain hingga saya percaya tidak ada yang serupa, walau itu ialah poin yang serupa. Pemain bisa habiskan waktu untuk menelusuri dunia dan temukan material yang mereka harapkan dan membuat poin yang paling sesuai style bermain mereka, yang memungkinkannya seluruh pemain untuk membuat langkah berpetualang atau style bertanding mereka sendiri.

Tapi bila pemain kebingungan dengan Mekanisme Sintesis sebab menganggap ada kebanyakan text dan angka, tidak boleh cemas, games ini mempunyai peranan sintesis automatis didalamnya, Anda bahkan juga bisa pilih "kualitas tinggi" atau "kualitas rendah" untuk poin yang Anda perlukan. Salah satu kekurangan dari sintesis automatis ialah Anda tidak bisa seutuhnya hasilkan produk yang sesuai produk Anda sendiri, tapi ini benar-benar kurangi beban untuk pelajari langkah memakai Mekanisme Sintesis.

Sesudah tiap sintesis, pemain akan memperoleh poin dan SP. SP dipakai untuk up-grade kemampuan tree, yang memungkinkannya pemain pelajari semakin banyak resep, tingkatkan efektivitas gathering, kualitas poin yang didapatkan, dan lain-lain. Pemain kemungkinan memerlukan waktu yang lama untuk pelajari proses sintesis dan kumpulkan bahan, tapi beberapa tempat permainan akan terbuka dengan quest khusus, jadi tidak seluruhnya tempat dapat segera didatangi.

Eksploitasi yang Lebih Masif

World Map di sini dipisah jadi empat daerah, di mana tempat dalam daerah itu tidak membutuhkan loading proses untuk seberang. Anda pun akan mempunyai beragam jenis langkah untuk lari melingkari tempat, misalkan, sprint, berenang, zip line, mount dan lain-lain, Anda dapat lakukan fast travel dengan memakai landmark bila jaraknya jauh (tapi Anda harus jalan ke arah landmark lebih dulu untuk aktifkan fast travel landmark tersebut), games ini sediakan satu ekor lumba-lumba pada sebuah wilayah perairan bila Anda berasa berenang terlampau lamban.

Map pada sebuah daerah cukup besar, dan tutorial arah tertentu tidak ada, menjadi lebih baik Anda pelajari langkah menyaksikan map pada awal permainan. Bila Anda tidak pintar memakai map, saya benar-benar merekomendasikan Anda untuk menonaktifkan perputaran peta mini dalam penataan.

Anda dapat kumpulkan material sekalian jalan atau lari tanpa stop, terkecuali bila Anda perlu menukar alat karena tipe material yang lain memerlukan alat yang lain untuk dihimpun. Yang memikat, Anda dapat memperoleh lebih satu material dari 1 sumber. Misalkan, memakai tongkat pada suatu pohon akan hasilkan buah, tapi memakai kapak pada pohon yang serupa akan hasilkan kayu. Dan walau material datang dari pohon yang serupa, semua akan mempunyai stat yang lain, yang disebut sisi penting pada Synthesis untuk membikin semua tipe poin dengan stat yang lain.

Memakai mount / tunggangan akan batasi langkah kumpulkan material, beberapa mewajibkan Anda untuk turun dari tunggangan untuk mengumpulkannya, dan ini tidak nyaman menurut saya. Pada intinya, eksploitasi games ini cukup bebas, ditambahkan lagi games ini tidak mempunyai mekanisme stamina, Anda bisa lari sepanjang yang Anda harapkan, tidak ada damage karena jatuh dari ketinggian, melonjak dari tebing sebagai jalan singkat? Silakan. Semuanya membuat proses penghimpunan material jadi  lebih nyaman.

Selainnya kumpulkan material dan eksploitasi, ada pula beragam quest yang bisa Diambil. Pertama ada Acak Quest yang waktunya terbatas, quest ini ada secara random, Anda dapat memutuskan untuk ambilnya atau mungkin tidak, tidak menghadiahkan yang lebih besar, tapi saat yang diperlukan untuk menyelesaikannya lumayan singkat. Ke-2  ialah Quest Normal yang saya sebut di atas, ini ialah quest yang tidak terbatasi waktu dan memberi Anda beberapa SP untuk up-grade kemampuan.

Seterusnya ada pula World Quest yang ialah quest yang fokus pada satu daerah tertentu, quest ini terkait dengan tempat tersebut supaya Anda ketahui semakin banyak mengenai budaya tempat itu . Maka, bila Anda tidak mau ikuti visi khusus, berkeliling-keliling untuk visi yang lain menggembirakan supaya mengenali dunianya lebih detil.

Kunci Ialah Kunci

Kunci tentu saja sebagai kedatangan yang perlu pada seri ini, tidak cuma sebuah poin yang terdapat untuk plot, tapi dapat diintegrasikan ke tiga faktor khusus yakni pertempuran, eksploitasi, dan sintesis. Tambahan kunci tidak dipandang seperti mekanisme yang betul-betul baru dan mandiri, tapi berdasar pada ke-3  faktor mekanisme permainan dan bertindak selaku simpatisan.

Misalkan, kunci dalam pertarungan dipandang seperti buff, memakai kunci yang lain dapat memperoleh dampak gempuran yang lain, pemain bisa memakai kunci sebagai tambahan dalam pertarungan, pemain dapat memakai kunci pada monster untuk membikin kunci baru.

Dalam eksploitasi dan penghimpunan material, kunci yang lain bisa memberi dampak yang lain juga, beberapa kunci dapat buka beberapa tempat kecil atau titik Suplai yang menyebar di penjuru dunia untuk memperoleh semakin banyak material. Ini menambahkan keringanan eksploitasi. Tapi perlu ditegaskan jika pemakaian kunci sebagai buff mempunyai saat yang terbatas.

Dan pada bagian Synthesis, langkah kerjanya sama seperti pada eksploitasi dan pertarungan, yang tingkatkan stat, buka semakin banyak peluang untuk membuat poin yang lebih unik dan berkualitas tinggi. Knop yang lain bisa memberi dampak yang lain , pokoknya dapat untuk tingkatkan kualitas poin yang dibuat.

Ringkasan

Keseluruhannya, Atelier Ryza 3 ialah games yang dapat dicicipi untuk semuanya kelompok, bahkan juga untuk mereka yang masih belum memainkan sekalinya. Saya cukup menghargai bagaimana si developer dapat menyusesaikan alur cerita, feature, sampai gameplay yang dijajakan supaya bisa dicicipi oleh beberapa penggemar veteran atau pemain yang baru memulai sekalinya.

Bukan hanya, beragam hal yang dijajakan sudah memperoleh improvisasi yang berarti. Bila bicara masalah combat, langkah bertandingnya dapat sederhana juga bisa sulit dengan beragam proses yang baru melalui kunci. Mekanisme sintesis dibikin lebih detil dan asyik lebih kunci. Begitupun eksploitasi dengan dunia yang lebih masif untuk ditelusuri.

Walau harus dianggap jika benar ada beberapa kesusahan yang harusnya tidak berada di games yang fun semacam ini. Misalkan saat jalankan quest, ada banyak visi yang tidak memberi Anda hint atau guide benar-benar dan berbuntut membuat kebingungan. Tetapi melalui watak yang lebih dewasa dan hubungan yang semakin banyak, gamenya tetep hebat untuk dicicipi.

Post a Comment for " Ulasan Atelier Ryza 3 - Gameplay Lebih Kompleks, Dunia Lebih Masif, Ryza Lebih Oke!"