Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Mengenai Esports dan Sejarahnya di Indonesia

Juaratekno.com - Esports sebagai ringkasan dari elektronik sports yang bisa disimpulkan sebagai olahraga electronic. Esports ialah istilah yang dipakai untuk membandingkan competitive gaming kekinian yang mempunyai ekosistem terpadu seperti infrastruktur, pertemuan, team professional, liga, dan sponsor, dari tipe video games yang lain.

Ulasan mengenai esports sendiri sebelumnya pernah disentil di tahun 2012 lewat buku akademis Raising the Stakes yang dicatat oleh T.L. Taylor. Buku itu sampaikan mengenai competitive gaming dan kebudayaannya, di mana semangat bersaing di video games telah tercipta lama. Donkey Kong sebagai salah satunya cikal akan perubahan esports, di mana pada periodenya, beberapa pemain sama-sama bersaing lewat penghimpunan point paling tinggi.


Tidak seluruhnya gamer menjadi olahragawan professional dan tidak seluruhnya games bisa dijadikan esports.

Mencuplik dari tulisan Will Partin, Esports is Dead, Long Live Esports: "Walau tidak bisa dikelompokkan sebagai aktivitas atletis, istilah esports mempunyai keterhubungan dengan persaingan seru lewat kata ‘sports'-nya, dan ketika yang juga sama mengisyaratkan ada hal-hal lain di luar kegiatan fisik lewat watak ‘e'-nya."

Tetapi, sampai sekarang pemakaian istilah esports untuk competitive gaming masih jadi pembicaraan, terutamanya pada pertanyaan terakhir: Apa esports terhitung sports?

Esports menuntut pemainnya untuk mempunyai kekuatan dan training khusus supaya bisa masuk ke ranah profesional, di mana hal yang juga sama berlaku di dunia olahraga tradisionil karena tidak seluruhnya gamer menjadi olahragawan professional dan tidak seluruhnya games bisa dijadikan esports.

Apa esports terhitung sports?

Mencuplik dari Wikipedia, games yang biasanya jadi sisi dari esports ialah games yang mempunyai komponen real-time strategy (RTS), first-person shooter (FPS), dan multiplayer online battle tempat (MOBA). Adapun games esports yang telah populer ialah DotA 2, League of Legends, Konter Strike: Global Offensive, Call of Duty, Heroes of the Storm, Heartstone, Starcraft II.

Berdasar tipe games sebagai sisi dari esports, bisa disaksikan jika gamers dituntut untuk mempunyai kekuatan dalam pengaturan taktik dan ambil keputusan ketika darurat. Kolaborasi team jadi dampak besar dalam atur taktik untuk memenangi permainan.

Esports bukan sekedar permainan video games tetapi permainan yang memerlukan kekuatan, kesabaran dalam latihan, dan kerja sama team yang bagus seperti mayoritas olahraga tradisionil.

Bahkan juga beberapa competitive gaming yang terhitung dalam esports sudah sukses melangsungkan kompetisi besar tahunan seperti The International, League of Legends World Championship, dan banyak kompetisi besar yang lain yang sediakan streaming langsung dan hadiah beberapa puluh sampai beberapa ratus juta untuk beberapa juaranya.

Jika disaksikan dari keelokan kompetisi tahunan esports yang sukses kumpulkan hadiah beberapa ratus juta Rupiah, bisa diambil kesimpulan jika esports mempunyai prospect yang ceria.

Sejarah eSports di Indonesia

Sahabat, Olahraga electronic alias e sports sebagai cabang olahraga dimainkan memakai PC, mobile handphone, konsol dan gawai-gawai yang lain. Kita Ulas Yok mengenai Riwayat eSports di Indonesia.
Riwayat eSports di Indonesia

Riwayat eSports di Indonesia tersebut ada ikuti perubahan internet yang diawali semenjak tahun 1995. Waktu itu, warga bisa nikmati beragam tipe games online yang awalnya telah digemari di luar negeri.

Games online yang yang memakai jaringan memungkinkannya beberapa orang dari beragam negara terhubung sebuah permainan secara bertepatan. Berikut cikal akan e sports sebagai cabang baru di dunia olahraga.

Timbulnya beberapa warung internet (warnet) makin menambah warga Indonesia akrab dengan games online. Dengan cara resmi, e sports ada pertama kalinya di tanah air di tahun 1999. Waktu itu, untuk pertamanya kali persaingan games online dilombakan.

riwayat esport di indonesia

Persaingan e sport itu dipelopori oleh Liga Games yang disebut tempat berkumpulnya beberapa gamers di Indonesia. Quake II dan Starcraft sebagai dua tipe games yang dilombakan untuk pertamanya kali.

Olahragawan e sports yang banyak muncul pada sekarang ini dan ikuti persaingan itu sendiri berasal pada mereka yang disebut gamers online yang bermula semenjak tumbuh suburnya warung internet (warnet).

Persaingan e sports seterusnya berjalan di tahun 2002. Waktu itu, kejuaraan bertema world siber games diadakan di delapan kota besar di Indonesia. Waktu itu, games yang ditandingkan ialah FIFA World Cup, Age of Empires II, Counter-Strike, dan StarCraft: Brood War.

Walau sebelumnya sempat terseok-seok pada awal keberadaannya, sekarang e sports di Indonesia mulai memperoleh tempatnya sebagai cabang olahraga berprestise.

Pada April 2018 Indonesia sukses melangsungkan persaingan e sports berkualitas internasional bertema kejuaraan Indonesia Game Championship yang dituruti lebih dari 9.000 peserta dan dilihat oleh 13.000 pengunjung.

Pada tahun yang serupa, e sports cetak riwayat baru di Indonesia saat ditandingkan dalam cabang olahraga eksibisi dalam pagelaran Asian Game. Demikianlah mengenai Riwayat e Sports di Indonesia , mudah-mudahan berguna.

Post a Comment for " Sekilas Mengenai Esports dan Sejarahnya di Indonesia"