Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Games Simpan Di mana? SSD atau HDD?

Juaratekno.com - Saat Anda memilih untuk bermain games di basis PC, tentu saja ada faktor-faktor penting yang perlu jadi perhatian. Dimulai dari penentuan basis PC apakah yang hendak dipakai, baik itu desktop atau netbook. Kemudian, pemakaian processor dan graphics card terbaik jadi aspek terpenting yang diputuskan untuk memberikan dukungan jalankan games itu. Ditambah lagi games yang Anda permainkan nanti akan menuntut mekanisme yang lebih tinggi untuk memberi penampilan visual yang optimal.

Menyaksikan perubahan PC dalam tahun akhir ini, beberapa gamer PC nampaknya telah makin pintar saat menentukan beberapa piranti terbaik untuk memberikan dukungan keperluan mereka. Dalam membuat sebuah mekanisme PC gaming yang kuat, sekarang tidak lagi masalah pilih processor dan graphics card terbaik. Bidang media penyimpanan yang dipakai sekarang sebaiknya tepat. Penentuan media penyimpanan sejenis SSD (Kompak State Drive) sekarang juga jadi kewajiban untuk sebuah mekanisme PC gaming. Beberapa supplier PC terkenal bahkan juga mulai berlomba tawarkan sebuah mekanisme PC gaming, baik desktop atau netbook yang diperlengkapi dual penyimpanan, SSD+HDD.

Ukuran Games Makin Masif

Selainnya memerlukan fitur PC yang kuat, realitanya sebuah mekanisme PC gaming sekarang memerlukan kemampuan penyimpanan yang lega. Beberapa portal web pemasaran games orisinal seperti Steam, Origin dan Uplay, tawarkan bermacam games yang mempunyai kapasitas file games yang makin bertambah besar sampai beberapa puluh, bahkan juga beberapa ratus GB (gigabyte). Hingga kemampuan SSD pada mekanisme PC gaming yang ditawari oleh beberapa supplier dirasakan kurang memenuhi. Seperti misalnya pada barisan games terkenal yang kami kumpulkan berikut ini.

Bukan hanya beberapa game terkenal saja, sebagai gamer PC pasti Anda pun mempunyai beberapa games yang umum ditandingkan di gelaran eSports seperti Counter-Strike: Global Offensive, PUBG, DOTA 2 dan yang lain, sama seperti yang dapat Anda saksikan berikut ini.

Keseluruhan keseluruhnya permainan online di atas yang disimulasikan makan ruangan penyimpanan sejumlah 241 GB. Selainnya mempunyai kompilasi games online, sebagai gamer PC yang telah mempunyai mekanisme PC yang kuat tentu saja mempunyai beberapa kompilasi games terkenal seperti GTA V, Assassin Creed Origin, Battlefield 1, Final Fantasy XV dan lain-lain.

Ketidaksamaan berarti terjadi pada barisan games terkenal yang mempunyai kapasitas file besar sekali. Keseluruhan keseluruhnya dari games terkenal yang kami himpun memerlukan ruangan penyimpanan 1065 GB atau 1 TB lebih. Dengan kapasitas file dari beberapa game yang makin bertambah besar di atas karena itu tidaklah aneh akan ada pertanyaan, games seharusnya ditempatkan di SSD atau HDD? Beberapa gamer PC ada yang memutuskan untuk menyimpan games dimainkan ke HDD dan SSD cuma dijadikan mekanisme OS pada PC. Namun, apa menyimpan games pada HDD sebagai opsi yang pas?

Untuk memberi deskripsi yang  lebih terang ke Anda tentang di atas, kami melangsungkan pengetesan berkaitan loading beberapa games terkenal yang kami tes. Untuk mensimulasi sebuah PC gaming yang kuat, kami memakai sebuah mekanisme PC gaming berikut ini dengan lakukan perbandingan penyimpanan di antara HDD SATA 7200 RPM dengan SSD berteknologi NVMe dari Western Digital yaitu WD Black NVMe SSD 2018 memiliki 1 TB yang ada di lab pengetesan kami.

Fitur PC yang kami pakai:

Processor: Intel Core i7 7700K
Motherboard: Chipset Intel Z270
Memori: DDR4 8GB
Graphics Card: Nvidia GTX 1080
PSU: 1050 watt

Proses Loading Time Games Terkenal :
Kekinian Warfare 3
Loading proses time games Call of Duty: Kekinian Warfare 3, SSD 4.7x bisa lebih cepat
Far Cry4
Loading proses time games Far Cry 4, SSD 8x bisa lebih cepat
GTA V
Loading proses time games GTA V, SSD 2x bisa lebih cepat
Final Fantasy XV
Loading proses time games Final Fantasy XV, SSD 1,9x bisa lebih cepat.

Hasil dari pengetesan yang kami kerjakan lewat 4 biji games terkenal di tangani, scenario yang kami kerjakan secara masing-masing penyimpanan dipasang OS dan games didalamnya. Hasilnya bisa dibuktikan jika SSD yang kami pakai sanggup percepat loading proses time games dengan hasil signfikan dibandingkan HDD. Pengetesan pada peran SSD pada suatu mekanisme PC gaming ini bukan hanya sampai disana saja. Kami juga coba mengetes lagi loading time games dengan scenario booting OS di SSD dan games di HDD. Dan sebaliknya, booting OS di HDD dan games di SSD.
Far Cry4 1
Loading proses games Far Cry 4, SSD 9x bisa lebih cepat
Kekinian Warfare 3 1
Loading proses games Call of Duty: Kekinian Warfare 3, SSD 4.7x bisa lebih cepat
GTA V 1
Loading proses games GTA V, SSD 1.7x bisa lebih cepat
Final Fantasy XV 1
Loading proses games Final Fantasy XV, SSD 1.9x bisa lebih cepat

Hasil pengetesan yang kami dapatkan, SSD masih tetap  lebih unggul dalam percepat loading proses games. Hasil dari pengetesan di atas dapat kita mengambil ringkasan jika peran SSD pada suatu mekanisme PC gaming dengan fitur tinggi penting. Hingga processor dan graphics card tinggi yang dipakai bisa memperlihatkan kekuatan sebetulnya.
Games Memang Seharusnya Ditempatkan di SSD

Disaksikan dari perform yang dijajakan, SSD memang mempunyai dampak yang besar sekali dalam tingkatkan perform pada suatu mekanisme PC. SSD bukan hanya sanggup percepat proses booting, tapi juga bisa percepat proses buka beberapa aplikasi berat, bahkan juga termasuk juga games. Untuk Anda yang tidak sukai menanti loading proses pada suatu games, karena itu games yang Anda permainkan seharusnya memang ditempatkan dalam SSD. Bila games yang hendak Anda permainkan digerakkan lewat HDD, karena itu HDD bisa menjadi masalah dan seakan mekanisme PC gaming kuat yang telah Anda rakit jadi berasa lamban.

Sementara di satu segi, apakah yang ditawari oleh beberapa produsen SSD termasuk telah makin bermacam. Anda dapat temukan SSD dengan kemampuan yang makin lega, form faktor 2.5" dan M.2 2280, dan support prosedur NVMe (Non Volatile Memori Express), sama dalam WD Black NVMe SSD 2018 yang kami pakai ini. WD Black NVMe SSD 2018 manfaatkan interface PCIe Gen 3 x4, dan tawarkan kecepatan sequential Read 3400 MB/s dan 2800 MB/s untuk sequential Write.

WD Black NVMe SSD 2018 dengan kemampuan 1 TB yang kami pakai ini dijajakan harga lebih ekonomis di kelas dan kemampuan yang serupa. Dengan kemampuan 1 TB, SSD ini mampu berisi banyak games dan ditegaskan Anda tidak alami permasalahan masalah stutter dan loading time games. Dengan form faktor M.2 2280, pilih SSD terkini dari WD ini sebagai future proof untuk PC desktop dan juga bermanfaat untuk netbook.

Post a Comment for " Games Simpan Di mana? SSD atau HDD?"