Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install SPSS di Laptop dan PC dengan Aktivasi Offline

Cara Install SPSS Terbaru

SPSS sebuah aplikasi yang biasa dipakai untuk analisis statistika. Pada kesempatan ini Juara Tekno akan membagikan Cara Install SPSS di Windows dengan Aktivasi Offline nya, karna banyak dari teman-teman yang belum mengetahui cara install SPSS ini. Pada uji coba install kali ini anda bisa menggunakan SPSS Statistics versi 26, atau versi lainnya seperti cara install SPSS 23,24,25. Versi berapapun biasanya tidak jauh berbeda, yang terpenting adalah anda tau bagaimana dasar instalasinya. Agar dapat diaktivasi secara Offline SPSS nya. 

Sebelum instalasi SPSS pastikan anda sudah mengetahui spesifikasi Komputer atau Laptop yang anda gunakan, agar SPSS dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Jika komputer sudah memadai untuk menjalankan SPSS, kita bisa langsung lanjutkan ke cara penginstallan SPSS berikut ini.

Cara Install SPSS

SPSS berjalan menggunakan Java Runtime Environment, tentunya akan memakan RAM yang cukup besar dari software ringan pada umumnya. Pastikan anda sudah mengetahui sistem operasi yang anda gunakan 32-bit atau 64-bit. Agar instalasi SPSS berjalan tanpa kendala RAM yang direkomendasikan untuk menjalankan SPSS adalah sebesar 4GB, tetapi masih berjalan untuk RAM 2GB.

Cara Install SPSS Terbaru

Siapkan file instalasi SPSS terlebih dahulu, Untuk file instalasi SPSS nya anda bisa menggunakan CD SPSS original atau mendownload filenya di internet. Biasanya ukuran SPSS Installer adalah sebesar 800mb ~ 1gb tergantung versi SPSS itu sendiri, berikut ini link downloadnya "Downlaod SPSS". Jangan lupa extrak terlebih dahulu jika file dalam bentuk archive zip atau rar, kemudian kita lanjutkan dengan proses instalasinya. Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Install SPSS:
  1. Buka file Installer Setup SPSS, kemudian tunggu hingga muncul IDM SPSS Statistics untuk proses intall selanjutnya. Lanjutkan dengan menekan Next

    Cara Install SPSS di Windows dengan Aktivasi Offline

  2. Selanjutnya pilih "I accept the terms in the license agreement" untuk melanjutkan klik Next. Dengan anda menandai kebijakan lisensi software artinya anda telah menyetujui semua kebijakan dari SPSS Statistics. 

    Cara Install SPSS 22,24,25,26 Terbaru Lengkap

  3. Berikutnya akan muncul pemasangan Essentials for Python, berikut ini anda harus menyetujui dengan pilih "Yes" untuk menambah Essentials for Phython. Karna SPSS berjalan dengan bahasa pemrograman Python, kemudian pilih Next


  4. Selanjutnya setujui Phyton License Agreement dengan memilih "I accept the terms in the license agreement", lalu klik Next. Lakukan hal yang sama di slide berikutnya pada lisensi Phython pertama dan juga kedua. 

    CARA INSTALL IBM spss statistics


  5. Berikutnya akan muncul pemilihan direktori, jika anda ingin mengubah penyimpanan SPSS anda bisa memilih Change. Jika tidak langsung saja klik Next untuk melanjutkan. 

    Memilih Direktori Installasi SPSS

  6. Klik Install untuk melanjutkan proses instalasi SPSS dan tunggu sampai selesai, jangan close saat proses ini berjalan.  

    Langkah - Langkah Proses Instalasi IBM SPSS di Laptop dan Komputer serta Aktivasinya

    Tutorial Cara Menginstall SPSS

    Tutorial Cara Menginstall SPSS

    Jalankan SPSS

  7. Disini proses instalasi SPSS sudah selesai, kita lanjutkan untuk proses aktivasi SPSS.
Pastikan anda sudah mengikuti langkah-langkah diatas, dan tidak ada yang terlewat agar saat aktivasi juga berhasil. 

Cara Aktivasi SPSS

Langkah berikutnya adalah aktivasi SPSS secara Offline atau Online, yang dibutuhkan sebeluma aktivasi adalah serial number dari software SPSS. Anda bisa menggunakan lisensi resmi dari IBM, dengan membeli software aslinya. Saya tidak sarankan untuk menggunakan aplikasi bajakan karna rentan terkena virus di komputer, atau jika anda kuliah anda bisa meminta Serial Number SPSS ke dosen tempat anda kuliah. Jika anda sudah memiliki serial numbernya, selanjutnya kita langsung ke proses aktivasi. Berikut ini langkah-langkah aktivasi SPSS:
  1. Selanjutnya setelah instalasi akan terbukan IBM SPSS Statistics, pilih License Product untuk aktivasi SPSS. 

    Aktivasi SPSS Offline dan Online

  2. Klik Next pada "License Status", untuk ke proses aktivasi selanjutnya. Disini pastikan anda sudah menyiapkan Serial Number SPSS. 

    Aktivasi SPSS Terbaru

  3. Pada "Authorized user license" tandai Product Authorization sesuai screenshot dibawah ini, kemudian klik Next

    SPSS

  4. Masukkan kode Serial Number yang anda punya, jika belum punya anda bisa membeli lisensi resminya di IBM seperti yang sudah Juara Tekno jelaskan diatas. Kemudian klik Next

    Cara Download, Install, dan Aktivasi SPSS 24 di Laptop dan PC

  5. lik "Next" pada License Status yang telah diperbarui dan sekarang anda sudah mengaktivasi SPSS dan sudah dapat digunakan, terakhir klik Finish

    Cara Menginstal IBM SPSS Statistics

    Langkah Langkah Install SPSS

Jalankan SPSS Setelah Instalasi

SPSS Berhasil di Install

Setelah SPSS berhasil di install dan di aktivasi, anda bisa menjalankannya langsung dengan membuka software SPSS melalui Start yang ada di pojok kanan bawah Windows. Buka program yang bernama "IBM SPSS Statistics" dan sekarang SPSS siap digunakan. 

Cara Download dan Instal SPSS 22 di Komputer dengan Mudah

Itulah cara install SPSS, untuk teman-teman jika ada pertanyaan bisa diajukan dibawah komentar postingan ini.

Post a Comment for "Cara Install SPSS di Laptop dan PC dengan Aktivasi Offline"