Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Universitas di Indonesia yang Memiliki UKM Game

Juaratekno.com - Bersamaan mengembangnya tehnologi, esports jadi aktivitas yang banyak dicintai warga, terhitung mahasiswa. Istilah esports mempunyai kepanjangan elektronik sports yang bermakna olahraga electronic.

Umumnya, esports berwujud persaingan video games multipemain yang terorganisir, khususnya di antara pemain professional secara pribadi atau sebagai team. Contoh-contoh games esports terkenal diantaranya League of Legends, Dota, Valorant, Counter-Strike, dan Mobile Legends.



Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai Unit Aktivitas Mahasiswa (UKM) yang salurkan ketertarikan mahasiswa dalam sektor esports. Dimulai dari negeri sampai swasta, berikut sejumlah kampus yang mempunyai esports sebagai UKM.

1. Universitas Indonesia

Salah satunya kampus paling tua di Indonesia ini mempunyai UKM esports namanya UI Esports Klub. Club ini kerap melangsungkan kompetisi yang ditayangkan secara langsung di saluran YouTube, melangsungkan kompetisi intern universitas yakni UI Esports Cup.

UI Esports Klub aktif mengirim team untuk berlaga dengan perguruan tinggi lain, seperti ke persaingan esports antara universitas se-Indonesia IEL Campus Festival. Disamping itu, UI Esports Klub seringkali melangsungkan workshop, seminar-online, dan podcast dengan topik taktik bermain sampai langkah menyamakan akademis dengan esports.

2. Universitas Gadjah Mada

Komune esports UGM dibuat pada Oktober 2018 sesudah memperoleh undangan dari Indonesia Esports League (IEL), liga esports sah di Indonesia yang menyaratkan UGM membuat club sah.

Di akhir 2022, UGM Esports sah jadi UKM sesudah lakukan audiensi dengan Ditmawa UGM. Sekarang ini, UGM Esports mempunyai 4 seksi games yakni Dota 2, Valorant, PUBG Mobile, dan Mobile Legends. UGM Esports diputuskan sebagai juara kelompok PUBGM di kompetisi esports kampus se-Indonesia IEL University Seri pada 2022.

3. Unika Atma Jaya

Komune esports di Unika Atma Jaya namanya Atma Jaya Esports atau dipersingkat AJE, menyatukan mahasiswa pecinta esports dari 3 lokasi universitas Atma Jaya.

Anggota Atma Jaya Esports sudah sukses mencetak kemenangan di sejumlah kompetisi, terhitung di Blibli Esports Championship yang diselenggarakan oleh perusahaan e-commerce Blibli.

4. Telkom University

Kampus yang ada di Bandung ini memiliki club Tel-U Esports. Selainnya aktif mengirimi team ke kompetisi esports, club Telkom University melangsungkan kejuaraan esports namanya Tel-U Esports Championship yang dituruti beberapa universitas di Indonesia.

Telkom University sebelumnya sempat raih juara pertama games PUBGM di persaingan esports berprestise antara kampus IEL University Super Seri pada 2021.

5. Universitas Diponegoro

Diponegoro Esports Community sekarang ini mempunyai 7 seksi games yakni PUBGM, Tempat of Valor, Mobile Legends, League of Legends: Wild Rift, Poin Blank, Valorant, Dota 2, dan PES. Komune ini memberikan fasilitas latihan mingguan, permodalan kompetisi, dan persaingan antara organisasi universitas yang lain.

Antara sederet prestasinya, Diponegoro Esports Community sukses jadi juara pertama games Dota 2 di IEL University Super Seri musim ke-3  tahun 2021.

Post a Comment for "Inilah Universitas di Indonesia yang Memiliki UKM Game"